Syarat Vaksin resmi di cabut untuk penumpang yang menggunakan Kereta Api.

Jurnal SGI | Transportasi – PT. KAI sudah tidak lagi mewajibkan tentang syarat vaksin untuk perjalanan naik KA, Sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, PT KAI mencabut syarat vaksin untuk perjalanan kereta api. Informasi itu disampaikan KAI melalui akun Twitter resminya.

“Selamat sore. Sesuai arahan dari Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Bpk. Muhadjir Effendy saat melakukan kunjungan kerja di Madiun, Jawa Timur, Minggu 16 April 2023 tentang syarat perjalanan naik KA, vaksin tidak lagi menjadi syarat perjalanan naik KA,” demikian informasi yang disampaikan KAI lewat akun Twitter resminya, Selasa (16/5/2023)

Meski demikian, PT KAI mengimbau penumpang agar senantiasa menjaga protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker.

“Menggunakan masker, suhu tubuh <37.3⁰C, serta selalu menjaga pola hidup bersih & sehat,” tulis KAI.

Imbauan PT KAI itu sejalan dengan surat Menteri Perhubungan No KA.201/1/1 Phb 2023 tanggal 17 April 2023 perihal Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pasca Pencabutan kebijakan PPKM.

Seperti diketahui, pada masa mudik lebaran 2023, PT KAI masih memberlakukan syarat vaksin terhadap para penumpangnya. Penumpang dewasa dan berusia di atas 18 tahun wajib telah menjalani vaksinasi lengkap dengan dosis ketiga.

Sedangkan penumpang dengan rentang usia 6-17 tahun pada masa angkutan lebaran 2023 wajib telah menjalani vaksin hingga dosis kedua.

Sementara itu, KAI meminta kepada calon penumpang yang dalam kondisi sakit dapat melakukan perjalanan, jika disertai surat keterangan dari Dokter. KAI juga mengimbau kepada penumpang KAI untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap tindak penipuan yang mengatasnamakan PT KAI.

“Layanan media sosial resmi Railmin hanya di @KAI121 (centang biru) dan WhatsApp resmi Contact Center 121 di nomor 0811-1211-1121 (centang hijau). Mohon abaikan apabila ada balasan yang mengarahkan #SahabatKAI untuk menghubungi melalui WhatsApp selain nomor yang Railmin infokan sebelumnya ya,” tandasnya. [Mus]