Kunjungi Job Fair di Mangga Dua Square Ada 2.206 Lowongan Kerja

Boot PT. Security Guards Indonesia yang ikut sebagai peserta job fair di Mangga Dua Square Jakarta.

Jurnal SGI | Jakarta – Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Utara menggelar pameran Bursa Lowongan Kerja (loker) atau Job Fair Jakarta 2024 di Mall Mangga Dua Square, Pademangan, Jakarta Utara, yang berlangsung selama dua hari dari 12-13 Juni 2024.

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, Job Fair ini rutin diadakan tiap tahun di lima wilayah kota untuk membuka kesempatan kerja bagi pemerlu.

“Job Fair ini memang sangat diperlukan untuk memfasilitasi pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Pemerintah memfasilitasi kegiatan ini agar terjadi keseimbangan antara posisi pekerjaan dan pekerja,” ujarnya, Rabu (12/7).

Hari menegaskan, Jakarta Utara berbeda dengan wilayah lain karena banyak perusahaan pergudangan, industri hingga pelabuhan yang tentunya banyak posisi untuk para pencari kerja.

“Diharapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan bagi pencari kerja khususnya di Jakarta Utara, sehingga bisa menuntaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini tingkat pengangguran tertinggi untuk pendidikan SMA/SMK. Untuk itu, Dinas Nakertransgi akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk memberikan pelatihan sebelum para pelajar lulus.

“Kita ingin setelah lulus para pelajar ini bisa langsung kerja atau melanjutkan pendidikan ke universitas,” terangnya.

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim meminta, pemberi kerja (perusahaan) di Jakarta Utara agar memanfaatkan dan mengoptimalkan kegiatan ini sebagai upaya penyerapan tenaga kerja dengan lowongan yang ada.

“Ini momentum yang tepat untuk mulai bangkit bersama dalam mengurangi tingkat pengangguran di Jakarta Utara,” ungkapnya.

Ia berharap, agar pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kompetensinya.

“Masyarakat maupun pencari kerja juga bisa memanfaatkan pelatihan kerja yang sudah difasilitasi pemerintah melalui PPKD Jakarta Utara,” ucapnya.

Kepala Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Utara, Noviar Dinaryanti, menjelaskan dalam Job Fair ini ada 2.206 lowongan kerja dari 40 perusahaan di bidang retail, otomotif, shipping, jasa keuangan, jasa keamanan, dan perusahaan penyalur jasa lainnya.

“Job Fair berlangsung mulai pukul 10.00 hingga 16.00. Kami menargetkan 3.000 pencari kerja bisa datang ke sini,” bebernya.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja, warga Marunda, Firman Sinaga (24) mengaku mendapatkan informasi Job Fair dari media sosial.

“Kegiatan ini sangat bagus karena banyak perusahaan membuka lowongan kerja.

Saya baru saja resign dan memang lagi nyari pekerjaan yang sesuai dengan bidang saya di IT,” tandasnya. [Mus]

Anda mungkin juga suka...