Darmo Trade Center (DTC) Wonokromo Surabaya Terbakar, Satpam ambil tindakan cepat 10 APAR tidak mampu menahan si Jago merah.

Keterangan seorang petugas Satpam, “Saya waktu itu jaga di depan dapat laporan, saya ngecek ke atas. Saya inisiatif ambil apar (alat pemadam api ringan), naik ke atas ternyata sudah banyak asap,” ujar Afandi kepada wartawan, Minggu (16/4/2023).

Jurnal SGI | Surabaya – Kebakaran terjadi di lantai 2 Darmo Trade Center (DTC) Wonokromo, Surabaya. Petugas keamanan di pusat perbelanjaan itu menyampaikan kesaksiannya.
Salah satu Petugas Keamanan Pasar Wonokromo Surabaya Ahmad Afandi menyatakan bahwa kebakaran itu dialami sebuah toko daster di lantai 2 blok C, dekat dengan tangga.

Dirinya mendapatkan laporan adanya kebakaran itu sekitar pukul 17.45 WIB. Ketika dirinya naik ke lantai 2 bersama sejumlah petugas keamanan lain asap sudah sangat pekat.

“Saya waktu itu jaga di depan dapat laporan, saya ngecek ke atas. Saya inisiatif ambil apar (alat pemadam api ringan), naik ke atas ternyata sudah banyak asap,” ujar Afandi kepada wartawan, Minggu (16/4/2023).

Saat itu, kata Afandi, memang sudah jam tutup. Pedagang di lantai itu sudah banyak yang pulang. Dia dan temannya, serta sejumlah pedagang berupaya memadamkan api.

“Sudah tutup. Banyak yang sudah pulang. Saya sama beberapa pedagang akhirnya berupaya memadamkan pakai apar,” ujarnya.

Ada sekitar 10 apar yang digunakan oleh Afandi dan para pedagang itu untuk memadamkan api. Hingga akhirnya petugas pemadam tiba dan mengambil alih pemadaman.

Command Center 112 Surabaya menyampaikan bahwa laporan kebakaran di DTC itu masuk sekitar pukul 18.00 WIB. Petugas tiba di lokasi langsung memadamkan api.

Hingga sekitar pukul 18.15 WIB pemadaman belum dinyatakan berakhir. Saat ini petugas sudah melakukan pembasahan dan mencari titik api yang masih muncul.

“Kalau tadi informasi dari beberapa pedagang dugaannya karena korsleting. Tapi kami nggak tahu lagi,” ujarnya. [Mus]