Security Awareness Paska Pemilu 2024

Oleh : Hudha Ikhwanudin, S.Sos, MH, ICPS.

Jurnal SGI | Jakarta – PEMILU 2024 telah selesai dilaksanakan dengan aman dan lancar, tetapi kita tahu, pemilu juga seperti halnya Lomba atau Kompetisi, dimana ada yang MENANG dan ada yang KALAH.

Disini menjadi tantangan bagi kita sebagai seorang Security Professional yang bertugas dan mempunyai tanggung jawab mengelola pengamanan dan ketertiban di lingkungan kerja, Situasi saat ini suhu politik bisa saja menghangat atau bahkan memanas jika ada pihak pihak yang TIDAK PUAS terhadap hasil dari Pemilu yang sudah berlangsung di 14 Februari 2024.

Kita tahu bahwa tahapan yang terdekat adalah KPU (Komisi Pemulihan Umum) lembaga negara yang bertugas menyelenggarakan pemilu akan Mengumumkan Hasil Pemilu paling lambat 20 Maret 2024, seperti pada gambar tahapan berikut :

20 Maret 2024 bisa menjadi titik monitoring kita sebagai tenaga pengamanan melakukan observasi, identifikasi dalam menentukan tindakan kewaspadaan yang kita lakukan di lingkungan kita bekerja.

Hal ini akan membuat sedikit langkah kita harus melakukan tindakan pre emtif, preventif di lingkungan kerja kita dengan melakukan hal hal sebagai berikut :

  1. Memantau dan mencari informasi update atau terkini baik melalui media yang kredibel dan Aparat di sekitar area kerja kita.
  2. Meng-update SOP jika terjadi Emergency Situation / Situasi Darurat, seperti Demonstrasi, bahkan jika sampai ada kerusuhan, apa yang akan dilakukan atau bagaimana pengamanan area kita
  3. Meng-update SOP jika terjadi Emergency Situation / Situasi Darurat, seperti Demonstrasi, bahkan jika sampai ada kerusuhan, apa yang akan dilakukan atau bagaimana pengamanan area kita
  4. Menyiapkan peralatan dan logistik yang harus disipkan seperti : Barrier atau Blokasi, Kawat Berduri, bahkan Air Mineral atau Snack jika pendemo melewati area kita.
  5. Menyiapkan Jadwal kerja yang mungkin tidak seperti hari hari normal, dengan memastikan semua anggota bisa dihubungi saat dibutuhkan.
  6. Kordinasi dengan aparat setempat dan terus menjalin komunikasi dengan pimpinan

Dalam pengamanan, lebih kita melakukan persiapan yang matang atau preventive action is important way to make our premisses secure and safe.

Kita berharap situasi dan kondisi tetap aman di negara tercinta kita NKRI – Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan semoga kita semua bisa selalu sabar dan menghargai dengan menempuh jalur jalur hukum yang sudah disepakati jika terjadi perbedaan diantara anak bangsa.

Salam Aman, Kami Satpam Profesional selalu bercita cita turut serta membangun bangsa dan negara melalui karya kecil kami di lingkungan kerja. ….Ammiin Ya Robal Alamin. [Mus]