Wafat Isa Almasih, Asal-usul dan Perbedaannya dengan Hari Kenaikan Isa Almasih

Jurnal SGI | Bandung – Peringatan Hari Wafat Isa Almasih tahun ini jatuh pada Jumat 7 April 2023. Peringatan Hari Wafat Isa Almasih juga dikenal dengan sebutan Good Friday atau Jumat Agung.
Hari Wafat Isa Al Masih atau Jumat Agung merupakan rangkaian dari peringatan Holy Week atau Pekan Suci yang dirayakan oleh umat Kristen. Perayaan ini merupakan bentuk kasih yang ditujukan kepada Yesus Kristus.

Simak asal usul peringatan Hari Wafat Isa Almasih dan perbedaannya dengan Hari Kenaikan Isa Almasih yang dirangkum detikjabar dari berbagai sumber.

Sejarah Hari Wafat Isa Almasih
Hari Wafat Isa Almasih merupakan hari yang dikenal sebagai hari penyaliban Yesus Kristus di Golgota. Dikenal sebagai Jumat Agung, Hari Wafatnya Isa Almasih diperingati setiap hari Jumat sebelum Hari Paskah.

Hari wafatnya Isa Almasih sebenarnya tidak tercatat secara gamblang di dalam Alkitab. Namun, banyak yang meyakini bahwa penyaliban Isa Almasih dilakukan pada hari Jumat, tetapi tidak diketahui tanggal pastinya.

Hari Wafatnya Isa Almasih disebut “baik” dalam frasa Good Friday karena disebut sebagai hari yang suci. Kematian Yesus merupakan hal yang penting dalam Alkitab bagi umat Kristen. Yesus disebut menanggung segala dosa dunia melalui kematiannya. Pengorbanan Yesus yang sempurna sehingga manusia diizinkan untuk masuk ke surga.

Perbedaan Hari Wafat Isa Al Masih dan Kenaikan Isa Al Masih
Hari Kebangkitan Isa Almasih atau dikenal sebagai Hari Paskah diperingati setiap hari Minggu setelah Jumat Agung atau Hari Wafat Isa Al Masih. Sedangkan Hari Kenaikan Isa Almasih diperingati 40 hari setelah Hari Kenaikan Isa Almasih.

Hari Kenaikan Isa Almasih merupakan hari dimana Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan dan disaksikan oleh murid-murid-Nya, dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab.

40 hari setelah kebangkitan-Nya, Yesus menunjukkan diri-Nya di depan para murid dan membuktikan bahwa ia hidup. Secara berulang-ulang, Yesus menampakkan diri di depan para murid-Nya dan berbicara tentang Kerajaan Allah.

Itulah sejarah Hari Wafat Isa Almasih dan perbedaannya dengan Hari Kenaikan Isa Almasih. Selamat merayakan Hari Wafat Isa Almasih bagi yang merayakan. [Mus]