Tips Dari Badan Intelijen Agar HP Tidak Dibajak Rekening Terkuras

Photo Ilustrasi hacker

Jurnal SGI | Jakarta – Badan Keamanan Nasional (National Security Agency/NSA) membagikan cara bagi pengguna Android dan iPhone untuk melindungi perangkat dan data pribadi mereka.

Seperti dilansir dari CNBC Indonesia, NSA telah merilis panduan bertajuk “Mobile Device Best Practices” yang mencakup perangkat iOS dan Android.

NSA membagikan tips bagi pengguna ponsel yang takut data-data di ponselnya dicuri, ataupun aplikasi perbankannya diretas.

Saran pertama dari NSA adalah menggunakan PIN enam digit sebagai password, namun dengan catatan, pengguna menyalakan opsi menghapus data ponsel setelah 10 kali kesalahan memasukkan PIN.

Tips lainnya adalah mematikan Bluetooth saat tidak digunakan, dan jangan menggunakan jaringan WiFi publik, termasuk mematikan opsi WiFi saat sedang tak digunakan.

“Jaringan WiFi tak terpakai yang disimpan di ponsel juga harus dihapus,” kata NSA, dikutip dari Phone Arena, Rabu (5/6/2024).

Pengguna juga disarankan untuk menjaga kontrol fisik terhadap HP yang digunakan, artinya jangan membiarkan ponsel dipakai oleh orang tak dikenal.

Pengguna juga disarankan untuk menginstal aplikasi seperlunya saja, yakni aplikasi yang benar-benar dipakai setiap hari.

NSA mengingatkan supaya hanya mengunduh aplikasi dari sumber resmi, yaitu App Store untuk iOS dan Play Store untuk Android. Dan jangan lupa untuk menutup aplikasi yang sudah tidak dipakai.

Ketika ada pembaruan software untuk ponsel atau aplikasi, segera install pembaruan tersebut. NSA menyarankan pengguna untuk tidak menggunakan perangkat mengirimkan informasi sensitif.

“Juga, jangan pernah membuka attachment atau link dari email tak dikenal,” tegas NSA.

Dari segi pengisian daya, NSA menyebut jangan sembarangan mengisi daya ponsel. Sebaiknya hanya gunakan kabel dan aksesori pengisi daya asli dari produsen tepercaya, dan hindari mengisi daya ponsel di tempat-tempat pengisian daya di publik.

Perlu diingat ketika Anda menerima pesan pop up sebaiknya dihiraukan saja, karena kemungkinan menyimpan bahaya.

“Jika sampai muncul, langsung force close semua aplikasi yang sedang terbuka,” kata mereka.

Terakhir, melakukan jailbreak (untuk iPhone) dan root (untuk Android) sangat tidak disarankan oleh NSA. Untuk Location Services, NSA menyarankan untuk sebaiknya dimatikan jika sedang tak digunakan, dan ponsel mesti rutin di-restart, setidaknya seminggu sekali. [Mus]