Tampil Rapi Dengan Seragam Satpam Warna Krem, Ikuti 7 Kiat Berpenampilan Satpam Yang Keren

Jurnal SGI |Jakarta – Saat ini Satuan pengamanan memiliki seragam warna krem yang cukup terang, karenanya Satpam yang memakai seragam harus bisa menjaga kerapian penampilannya, terutama mempertahankan warna krem terang dari noda kotoran yang tak enak dilihat.

Penampilan fisik yang rapi bagi seorang satpam sangat penting karena menciptakan kesan profesionalisme dan kepercayaan pada diri mereka. Warna seragam satpam yang kumal dan banyak noda akan memberikan kesan yang kurang pantas untuk penampilan seorang Satpam yang selalu tampil di depan sebuah lingkungan Perusahaan.

Berikut adalah beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk menciptakan penampilan fisik yang rapi bagi Satpam yang bertugas di lapangan:

1. Seragam yang Bersih dan Terawat:
Pastikan seragam satpam selalu bersih, bebas dari noda, dan terawat dengan baik. Jika ada kerusakan atau keausan pada seragam, segera ganti dengan yang baru atau perbaiki.
2. Kerapihan dalam Memakai Seragam:
Kenakan seragam dengan rapi dan sesuai dengan standar perusahaan atau lembaga tempat satpam bekerja. Pastikan baju seragam disetrika dengan baik dan celana disetrika serta digosok rapi.
3. Kepatuhan terhadap Aturan Seragam:
Ikuti aturan dan pedoman perusahaan terkait pemakaian seragam dengan baik. Pastikan untuk mengenakan semua bagian seragam dengan benar, termasuk topi atau helm, badge identifikasi, dan peralatan pelindung lainnya yang mungkin diperlukan.
4. Penampilan Pribadi yang Rapi:
Selain seragam, pastikan penampilan pribadi juga rapi. Pastikan rambut rapi dan terjaga, baik dengan cara dicukur atau diikat jika panjang, serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri secara keseluruhan.
5. Aksesori dan Perlengkapan Tambahan:
Gunakan aksesori tambahan seperti sabuk pengaman, sarung tangan, dan sepatu yang bersih dan terawat. Pastikan aksesori tersebut sesuai dengan standar keamanan dan kesehatan yang berlaku.
6. Perawatan Pribadi:
Selalu menjaga kebersihan diri, termasuk memotong kuku, membersihkan gigi, dan menjaga kebersihan kulit. Hindari penggunaan parfum yang berlebihan atau aroma yang kuat yang dapat mengganggu orang lain di sekitar.
7. Sikap Profesional:
Selain penampilan fisik, sikap juga merupakan bagian dari penampilan keseluruhan. Satpam harus menjaga sikap yang ramah, sopan, dan profesional dalam setiap interaksi dengan orang lain.
Dengan memperhatikan semua aspek di atas, seorang satpam dapat menciptakan penampilan fisik yang rapi dan profesional, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dan memberikan kesan positif kepada orang lain.

[Red:Mus]