Satpam, Profesi yang Dipandang Sebelah Mata? Ini Jasa Mereka bagi Masyarakat

Jurnal SGI | Jakarta – Menjelang momen Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2023, admin Kompasiana mengangkat sebuah tema yang menarik, bahkan mungkin unik, yaitu “Tanda Jasa Petugas Keamanan.”

Umumnya, pada Hari Pahlawan Nasional, kita memperingati jasa para pahlawan yang berjuang membela kemerdekaan Indonesia, termasuk guru-guru yang megabdi untuk mencerdaskan anak-anak bangsa.

Tapi, kita sering lupa bahwa ada juga sosok pahlawan lain yang berjasa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Siapakah mereka? Mereka adalah Petugas Keamanan atau Satpam.

Satpam atau yang dikenal dengan Satuan Pengamanan adalah profesi yang mempunyai peran penting di tengah-tengah masyarakat.

Peran mereka antara lain menjaga keamanan lingkungan kerja. Ketika kita memasuki perumahan, perkantoran, atau mall, sering kan Satpam memeriksa kita terlebih dahulu seperti meminta menunjukka KTP, dan lain-lain.

Tujuannya untuk memastikan terjaminnya keamanan di wilayah kerjanya. Saya masih ingat sekali ketika pertama kali masuk ke Komplek Parlemen Republik Indonesia, Senayan.

Di depan pintu masuk sepeda motor, saya dan istri diperiksa oleh security dengan ketat, seperti menanyakan tujuan kami datang dan meminta KTP ditinggalkan. Selanjutnya, security memberikan kepada kami kartu tamu, barulah kami bisa masuk ke dalam komplek.

Itu adalah pengalaman yang sangat berkesan bagi saya dan istri.

Peran lain dari Satpam adalah mencegah gangguan terhadap keamanan di lingkungan kerja. Di tempat saya berkantor sekarang, pernah satu kali kejadian pencurian kaca spion mobil milik salah satu warga.

Sejak peristiwa itu, para Satpam meningkatkan kualitas pelayanan mereka, seperti memasang CCTV, melakukan patroli setiap malam, dan memelihara dua ekor anjing yang dimasukkan ke dalam kandang. Anjing itu semacam alarm bagi mereka tatkala mereka tertidur.

 

Di samping tugas pokok mereka, Satpam juga menjadi semacam tempat titipan paket online warga. Saya sendiri sering menitipkan paket makanan kucing ke mereka. He-he.

Profesi Satpam bagaimana pun tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena ternyata jasa mereka sangat besar bagi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Saya berharap di momen Hari Pahlawan Nasional ini, kita semua mengingat jasa Petugas Keamanan. Jangan lagi memperlakukan mereka seenak hati, jangan lagi menganggap pekerjaan mereka sepele.

Berikan apresiasi atas jasa mereka,mari perlakukan mereka seperti kita memperlakukan para pahlawan tersohor lainnya.

Kepada seluruh Petugas Keamanan di mana pun berada, selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023!