MENGENAL LEBIH DEKAT JENIS AKSESORIS PADA SERAGAM SATPAM TERBARU.

Jurnal SGI |Berita satpam – Seragam dan atribut yang Satuan Pengaman (Satpam) gunakan ternyata memiliki aturan beserta maknanya tersendiri. Maru mengenal lebih dekat jenis aksesoris pada satpam sebagai tambahan wawasan untuk Anda.

Aturan mengenai seragam resmi satpam beserta atribut dan maknanya telah termuat dalam Peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2023.

Mengenal Jenis Aksesoris Pada Satpam
Berikut ini adalah seragam dan segala atribut satpam terbaru yang mesti Anda tahu. Terdapat tujuh atribut yang melekat pada seragam satpam di Indonesia :

1. Tanda Kesatuan
Pernahkah Anda melihat lambang POLDA yang melekat pada satpam? Itu merupakan tanda satuan yang merupakan Logo Pembina berdasarkan wilayah tugasnya.

2. Tanda Kewenangan
Jika Anda bertanya pin kewenangan satpam dipasang dimana? Maka jawabannya ada di sub bahasan ini. Berikut adalah aksesoris yang juga ada dalam atribut satpam Gada Pratama :

Perisai sebagai lambang kemampuan daya tangkal dalam menghadapi segala ancaman atau gangguan keamanan di lingkungan tempat kerja satpam.
Padi dan Kapas sebagai lambang terwujudnya kesejahteraan.

Gada atau Pentungan sebagai lambang kesiapsiagaan dan disiplin tinggi para satpam dalam melaksanakan tanggung jawab pekerjaannya.

Pita sebagai lambang keluwesan satpam dalam menjalankan pekerjaannya.

Nyala Api melambangkan semangat dan sikap pantang mundur.
3. Kerah Baju
Pada kerah baju berdiri terdapat Monogram Profesi Satpam yang bentuknya bulat berwarna dasar putih dengan gambar hitam.

4. Nama dan Nomor Registrasi
Kita juga harus mengenal jenis aksesoris pada satpam yang ketiga ini yaitu nama dan nomor registrasi. Atribut ini bisa Anda jumpai pada bagian depan seragam satpam yaitu papan bordir berwarna dasar putih dengan tulisan hitam.

Sesuai dengan namanya, atribut ini berisi informasi nama dan nomor registrasi para satuan pengaman.

5. Pangkat
Dalam atribut satpam, terdapat tiga warna yang mengartikan masing-masing pangkat dalam jenjang satuan pengaman, yaitu :

Putih menunjukkan jabatan pelaksana

Kuning menunjukkan jabatan supervisor

Merah menunjukkan jabatan manajer
Dalam mengenal jenis aksesoris pada satpam maka Anda harus mengetahui di mana atribut terpasang. Atribut yang menunjukkan pangkat tersebut ada di Pundak kanan dan kiri seragam baik PDH, PDL SUS, dan PDL SATU.

6. Tanda Kualifikasi
Tanda kualifikasi bisa Anda lihat pada bagian saku sebelah kiri. Tanda kualifikasi Gada Pratama, Madya, dan Utama terbuat dari bahan logam.

7. Badge BUJP
Badge BUJP adalah sebuah notasi yang menunjukkan badan, proyek, ataupun instansi tempat di mana satpam bekerja. Atribut tersebut terbuat dari kain yang menempel rapi pada lengan baju sebelah kiri.

Rekomendasi Penyedia Satpam Terbaik
Jika Anda sedang mencari perusahaan outsourcing penyedia Jasa Satuan Pengaman terbaik untuk rumah, tempat usaha, ataupun perusahaan maka PT. SECURITY GUARDS INDONESIA adalah jawabannya.

PT. SECURITY GUARDS INDONESIA terpercaya sebagai penyedia tenaga keamanan di seluruh wilayah Indonesia. Tak perlu khawatir karena kenyamanan dan keamanan klien telah menjadi prioritas perusahaan kami.

Demikian pembahasan kita dalam mengenal jenis aksesoris pada satpam beserta rekomendasi penyedia satuan pengaman yang terpercaya. [Mus]