Kemhan RI Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75

Jurnal SGI | Jakarta – Kementerian Pertahanan RI (Kemhan) dengan menggelar upacara memperingati Hari Bela Negara ke-75 di Lapangan Apel Bhineka Tunggal Ika, Selasa (19/12). Upacara ini dipimpin oleh Irjen Kemhan RI Letjen TNI Budi Prijono sebagai inspektur upacara.

Mengusung tema ‘Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju’ tersebut, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhan Letnan Jenderal TNI Budi Prijono menyampaikan pesan kalau peringatan HBN ini bisa menjadi momentum bangsa Indonesia untuk bersatu.

“Hari bela negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” kata Budi saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) di Kemhan, Selasa (19/12/2023).

Lanjut Budi, amanat itu juga merupakan mandat dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan khusus untuk peringatan Hari Bela Negara tahun ini.

Sebab menurut dia, tantangan bangsa Indonesia akan makin kompleks, dalam artian tidak hanya perihal soal tantangan fisik, melainkan juga hal yang tidak bisa diprediksi.

“Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik tetapi juga ancaman yang tak kasat mata (seperti), pandemi, konflik global, revolusi teknologi hingga krisis iklim telah membawa dampak dan resiko ketahanan negara,” kata Budi.

Atas hal itu, Budi Prijono menegaskan agar seluruh masyarakat Indonesia memiliki jiwa bela negara yang baik.

Kata dia, bela negara merupakan sektor paling penting dalam membuat Indonesia tangguh dalam menghadapi segala tantangan.

“Kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar pertama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” tukas dia.

Dari sekian banyak peserta upacara tampak juga salah satu Ketua umum Organisasi Bela Negara yaitu Forum Kader Bela Negara (FKBN) yang dikepalai oleh Angga Rahadian Tirtawijaya selaku Ketua Umum yang juga hadir sebagai tamu undangan di acara tersebut. [Mus]