Fungsi Warna Krem Dan Makna pada Seragam Satpam

Jurnal SGI | Bandung – Seragam satpam di Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak tiga kali dalam 40 tahun terakhir, mulai dari putih-biru, coklat, hingga krem. Seragam satpam terbaru yang kini berwarna krem diperkenalkan tepat pada perayaan ulang tahun satpam yang ke-41. Keputusan ini tidak diambil begitu saja, tetapi didasari oleh pertimbangan yang matang. Sebelumnya, seragam coklat satpam mirip dengan seragam anggota Polri yang seringkali membingungkan masyarakat karena sulit membedakan antara polisi dan petugas satpam.

Polri menjelaskan bahwa hanya kemeja satpam saja yang mengalami perubahan warna, dari cokelat muda menjadi warna krem. Sementara itu, warna cokelat tua pada celana tetap dipertahankan. Hal ini tentunya telah melalui pertimbangan yang matang, mempertahankan elemen dari seragam sebelumnya yang masih sesuai dengan identitas dan kebutuhan satpam.

Lalu, apa saja yang melatarbelakangi pemilihan warna krem pada seragam terbaru satpam? Berikut alasannya!

Serumpun dengan warna seragam Korps Brimob Polri

Warna krem dipilih karena masih serumpun dengan warna seragam dari Korps Brimob Polri. Hal ini membantu menciptakan kesan kesatuan antara satpam dan unit khusus kepolisian tersebut.

Untuk Menciptakan Keharmonisan antara Polri dan Satpam

Pemilihan warna krem bertujuan untuk menciptakan keharmonisan antara anggota Polri dan satpam. Sebelumnya, seragam satpam memiliki kemiripan dengan seragam Polri, yang seringkali membingungkan masyarakat dalam membedakan antara polisi dan petugas satpam. Dengan adanya perubahan warna menjadi krem, diharapkan dapat menghindari kebingungan tersebut.

Menjaga Moril dan Psikologis Satpam

Pemilihan warna krem juga dilakukan untuk menjaga moril dan psikologis satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian agar tercipta hubungan kerja sama yang harmonis antara pembina dan yang dibina. Dengan mengenakan seragam yang identik dengan warna yang terkait dengan institusi keamanan, para satpam dapat merasa lebih terikat dan bangga dengan tugas mereka.

Perubahan warna seragam satpam menjadi krem tidak hanya dipilih secara asal, tetapi didasari oleh pertimbangan yang matang demi menciptakan identitas satpam yang lebih menonjol. Hal ini juga diharapkan dapat memperkuat moril dan kualitas kerja para pahlawan keamanan ini dalam menjaga keamanan dan ketertiban di berbagai lingkungan kerja. [Mus]