Aksi Heroiknya Viral, Satpam Selamatkan Bocah Terjatuh di Peron KRL Stasiun Manggarai Viral.

Jurnal SGI | Jakarta – Viral di media sosial adanya seorang bocah laki-laki terjatuh di celah peron Stasiun Manggarai saat terdapat KRL yang tengah berhenti di stasiun tersebut. Guna menyelamatkan bocah tersebut, seorang satpam pun harus masuk di antara celah peron itu.

Dilansir dari berbagai sumber. Peristiwa tersebut menjadi viral karena salah satunya diunggah oleh akun Instagram @curhatkrl pada Minggu, 14 April 2024 kemarin. Terdapat video yang berdurasi 25 detik menggambarkan situasi saat bocah tersebut tengah berada diantara celah peron dan KRL yang posisinya sedang berhenti di Stasiun Manggarai.

“Dek diem yah Dek, diem Dek,” kata salah seorang warga dalam video tersebut sebagaimana dilihat pada Senin (15/4/2034).

Dalam video tersebut, tergambar pula bagaimana seorang Satpam memasuki celah peron guna menyelamatkan bocah yang mengenakan kaos berwarna biru itu. Bocah yang terjebak di antara celah peron dan KRL itu berhasil diselamatkan oleh satpam tersebut. 

“Masya Allah bocah,” kata seorang ibu-ibu saat Satpam tengah mengevakuasi bocah tersebut.

Dalam video tersebut, terdapat caption yang meminta agar para orangtua untuk lebih berhati-hati saat membawa anak-anaknya agar tak terjatuh di antara celah peron sebagaimana yang terjadi dalam video tersebut. Pasalnya, bocah tersebut diduga terjatuh ke celah peron saat hendak menaiki KRL dari peron stasiun ataupun sebaliknya.
 

“Ya Allah lemes banget samping gerbong persis ada anak kecil jatoh ke dalem peron, buat ortu & semua yg bawa anak keci) tolong lebih dijagain soalnya lagi peak season (loc. St manggarai),” tulis caption dalam video tersebut.

 

Penjelasan Manajer KAI Commuter.

Adapun pihak KAI Commuter menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi saat korban hendak turun dari kereta.
External Relations and Corporate Image Care Manager KAI Commuter, Leza Arlan mengatakan, peristiwa dalam video yang viral itu memang benar adanya, yang mana terjadi pada Minggu, 14 April 2024 kemarin di Peron 2, Stasiun Manggarai. Bocah tersebut terperosok di antara celah peron pada sekira pukul 11.43 WIB. “Pengguna tersebut hendak turun bersama Ibunya, namun dikarenakan padatnya pengguna yang akan naik menyebabkan pengguna anak kecil tersebut terdorong sehingga terjatuh di antara celah peron,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (15/4/2024).

“Petugas kami di peron dengan sigap langsung membantu evakuasi anak yang terjatuh untuk dibawa ke Pos Kesehatan Stasiun Manggarai. Petugas kesehatan memberikan pertolongan pertama dan memeriksa luka pada dahi anak tersebut, setelah dilakukan penanganan medis lebih lanjut pengguna dapat melanjutkan perjalanannya kembali,” tambahnya. Dia menerangkan, KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna commuter line yang membawa putra dan putri untuk selalu menjaga dan mengawasinya baik di dalam kereta ataupun di stasiun. Untuk keselamatan bersama mengimbau untuk keselamatan pengguna saat menggunakan Commuter Line pastikan saat menunggu pemberangkatan kereta di area peron tidak melewati garis kuning, dan untuk kenyamanan bersama selalu dahulukan pengguna yang turun dari kereta. [Mus]