12 Sikap Satpam Profesional yang Harus Dimiliki

Jurnal SGI | Jakarta — Menjadi petugas satuan pengamanan (SATPAM) bukanlah perkara mudah. Pasalnya, untuk menjadi seorang satpam yang professional harus menempuh pendidikan dan pelatihan (Diklat) Satpam untuk memiliki Sertifikasi Kualifikasi Satpam.

Hal ini bertujuan agar Satpam ketika terjun ke lapangan dapat melakukan pekerjaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan menjadikan seorang petugas keamanan lebih berkualitas.

Berikut ini beberapa sikap dan prilaku yang harus diperhatikan untuk seorang Satpam seperti dikutip dari beberapa sumber.

Sikap yang harus dimiliki Satpam Profesional.

  1. Memelihara kebersihan dan kesehatan tubuh baik jasmani dan fisik, antara lain seperti ini;
    • Rambut dan kumis dicukur dengan rapi.
    • Jambang dan jenggot sebaiknya dicukur habis dan bersih.
    • Pakaian dan berpenampilan rapi, bersih sesuai ketentuan tentang seragam satpam.
  2. Mentaati peraturan dan menghormati norma-norma yang berlaku di dalam lingkungan kerja
  3. Ulet, sabar, tabah, memiliki loyalitas yang tinggi dan percaya diri dalam menjalankan tugas serta mampu berinteraksi dengan baik terhadap orang disekitarnya.
  4. Bertindak tegas, jujur, berani, adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan.
  5. Mampu bersosialisasi terhadap lingkungan baik di dalam maupun di luar area tugas dan sekitarnya.
  6. Cepat tanggap (Responsif) dalam memberikan perlindungan atau pengamanan pada lingkungan tempat kerjanya dan berani mengambil keputusan yang terbaik namun sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  7. Dapat melindungi aset dan dapat mengayomi orang yang ada di lingkungan kerja dengan sepenuh hati.
  8. Menghormati dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, serta menjaga hubungan baik dengan semua pihak di tempat kerja.
  9. Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab yang baik dalam menjalankan tugas.
  10. Memiliki rasa kebanggaan dan semangat serta senantiasa menjaga nama baik perusahaan baik perusahaan di lingkungan kerja.
  11. Tidak menunjukkan kepentingan pribadi dan mencampuri urusan/ bidang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan petugas.
  12. Berpegang teguh pada Janji Satpam dan Prinsip prinsip penuntun Satpam yang sudah menjadi pedoman.

Jika seorang petugas keamanan (Satpam) sudah mempunyai sikap dan perilaku seperti yang disebutkan di atas, maka anggota Satpam tersebut dapat dibilang sebagai Satpam yang mempunyai sikap baik dan sangat layak disebut sebagai petugas keamanan yang profesional.

Tetapi dengan begitu, seorang Satpam harus tetap konsisten dan selalu berkomitmen dalam bersikap. Jangan hanya di awal karier atau pada saat tertentu saja namun Satpam selalu harus memiliki nilai nilai tersebut selama mengemban profesi sebagai anggota Satuan Pengamanan atau SATPAM. [Mus]